Minggu, 15 Januari 2017

RESEP MEMBUAT DODOL

Kue dodol adalah salah satu kue tradisional nusantara yang sangat populer di Indonesia karena dapat dijumpai hampir di setiap penjuru wilayah nusantara dalam berbagai variasi bentuk, nama dan rasa. Di antaranya, di Riau terkenal dengan sebutan lempuk, terutama lempuk rasa duriannya yang sangat khas, di Sumatera Barat dikenal dengan sebutan gelamai, sedangkan di Jawa kita mengenalnya dengan nama jenang. Sementara dari kalau di daerah Jawa Barat, pasti semua orang sudah mengenal yang namanya dodol garut yang sudah tersebar dan dipasarkan ke seluruh wilayah nusantara secara komersil.

Kue dodol ini juga adalah merupakan kue khas yang biasanya sering disajikan pada saat hari raya Lebaran. Proese pembuatannya tidaklah sulit – sulit amat bahkan akan terasa mudah jika anda sudah terbiasa. Apabila anda ingin tahu secara lebih jauh mengenai Resep Membuat Kue Dodol yang mudah dan praktis, anda bisa mengikuti step Resep Membuat Kue Dodol yang telah kami uraikan secara singkat seperti berikut ini.
Bahan Membuat Kue Dodol :
900 gr gula merah, diiris halus
500 gr tepung ketan
1 liter santan yang encer (dari 1 butir kelapa)
1 liter santan yang kental (dari 2 butir kelapa)
1/2 sdt garam halus
1 lembar daun pandan (Potong – ptong kasar)
Daun pisang secukupnya (sebagai alas)
Cara Membuat Kue Dodol :
  • Langkah pertama, didihkan santan kental bersama dengan gula merah, garam dan daun pandan . Setelah keluar/tercium aroma daun pandan, kemudian angkat lalu sisihkan daun pandannya.
  • Selanjutnya, Larutkan tepung ketan dan tepung beras bersama santan encer, lalu aduk hingga merata. Kemudian tuangkan larutan tepung sedikit demi sedikit ke dalam rebusan santan kental dan gula merah yang telah dibuat sebelumnya, lalu aduk terus hingga adonan menjadi matang dan kalis. Setelah itu matikan api, kemudian angkat.
  • Terakhir, tuang dodol yang masih dalam keadaan panas tersebut ke dalam sebuah loyang yang sebelumnya telah diberi alas pisang (agar dapat menambah aroma kue dodol), lalu ratakan dan biarkan mendingin. Kemudian potong dodol sesuai selera anda, setelah itu dodol buatan anda siap untuk disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar